Berangkat Liburan

Rute Destinasi Wisata ke Pulau Sumba

Liburan panjang makin dekat. Tentunya planing untuk liburan sudah direncanakan jauh-jauh hari. Tujuan liburan pun mungkin sudah anda list. Coba lihat tengok list tujuan liburan anda ditahun ini. Siapa tahu pulau Sumba ada di dalamnya.

Sumba…Sumba…. ah… apa itu Sumbawa? Biar anda tidak bingung antara Sumba dan Sumbawa, sebaikanya anda membaca artikel ini: Siap ke Sumba?

Bagi anda yang ingin berliburan ke Sumba sebaiknya anda simak beberapa informasi dan tips berikut ini. Tips ini tentang route perjalanan mengelilingi pulau Sumba. Hal ini penting agar anda tetap menikmati liburan yang telah anda rencanakan jauh-jauh hari.

Pulau Sumba terdiri dari empat kabupaten

Secara administratif pulau Sumba terdiri dari 4 kabupaten yaitu:

  1. Sumba Barat Daya, ibukotanya Weetabula, di sana ada bandar udara Tambolaka dan pelabuhan laut Waikelo.
  2. Sumba Barat, ibukotanya Waikabubak dan terdapat beberapa hotel
  3. Sumba Tengah, ibukotanya Waibakul
  4. Sumba Timur, ibukotanya Waingapu. Bandar udaranya Umbu Mehang Kunda dan terdapat pelabuhan laut Waingapu.

Bagaimana Mengeksplor pulau Sumba?

Sebelum mengeksplor pulau Sumba, sebaiknya anda tentukan dulu titik kedatangan anda, apakah di arah barat pulau atau di timur pulau. Jika anda ingin landing di sebelah barat pulau Sumba baik melalui udara maupun laut, pastikan jadwal pesawat maupun kapal lautnya. Demikian juga jika ingin landing di sebelah timur pulau Sumba.

Perlu diperhatikan terutama jadwal kapal laut terkadang tidak tentu jadwal keberangkatannya. Kalau menggunakan transport udara, setiap hari selalu ada penerbangan yang menuju ke Sumba. Tinggal anda sesuaikan waktu kedatangan dan waktu berangkat.

Padang Sabana Sumba, Bukit Dewa Tidur

Jika anda landingnya di Sumba Barat Daya, anda bisa mengunjungi beberapa lokasi menarik di Sumba Barat Daya sebelum melanjutkan ke arah Sumba Timur. Misalnya saja di mengunjungi Pantai Watu Maladong yang Unik atau mengunjungi Pantai Bwanna yang Menantang dan tentunya ada satu pantai lagi yang juga di dekat pantai tersebut terdapat kampung adat orang sumba di Pantai Ratenggaro.

Jika belum puas dengan lokasi-lokasi tersebut, anda bisa mengunjungi danau Weekuri yang dekat dengan pantai Mandorak. Nah itulah lokasi yang paling sering dikunjungi.

Untuk di Sumba Barat, anda bisa mengunjungi beberapa kampung adat seperti Kampung Tarung dan Kampung Prai Ijing yang tidak jauh dari pusat kota Waikabubak. Bagi yang suka wisata air terjun, ada air terjun Lapopu di sana. Oya, kalau belum pernah melihat sumber air yang keluar dari mulut gua, anda bisa mengunjungi Waikelo Sawah yang jaraknya kurang lebih 10 KM dari pusat kota Waikabubak ke arah barat daya.

Air Terjun Tanggedu

Ok, lanjut ke arah Sumba Tengah. Di sana anda dapat mengunjungi kampung adat Pasunga. Selain itu, Pkalau anda suka tanntangan, bolehlah ke Batu Candi yang letak di sebelah selatan.

Setelah menjelejahi Sumba Tengah, perjalanan dilanjutkan ke arah timur yakni ke kabupaten Sumba Timur. Di kabupaten ini, terdapat banyak tujuan wisata. Sebutnya saja Pantai Tarimbang yang letaknya di sebelah selatan Sumba Timur, jadi sebelum ke arah pusat kota, silahkan anda mengambil jalur selatan di persimpangan jalan Praipaha.

Semakin dekat ke arah pusat kota Waingapu, sangat sayang kalau tidak mampir di Bukit Wairinding, kemudian ke savana dan pantai Purukambera setelah itu ke air terjun Tanggedu. Sepulang dari sana, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Persaudaraan dan Tenau, ke arah timur lagi ke pantai Walakiri. Air terjun Waimarang, hingga ke kampung adat Praiyawang, di Rende. Bila masih penasaran dengan alam pulau Sumba, anda bisa melanjutkan perjalanan hingga pantai Watu Parunu.

Masih banyak tempat-tempat wisata yang ada di Sumba Timur, dan jika waktu leiburan anda lama di Sumba, maka semunya bisa anda kunjungi.

Post Author: admin