Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro

Selamat datang di pantai megalithikum. Pantai megalitikum ini berada di Ratenggaro dimana kuburan megalitikan hanya ada di pantai ini. Ratenggaro ini berada di pulau Sumba yang punya kuburan megalithikum ini sudah berumur puluhan tahun. Penasaran kan?

Untuk sampai ke tempat ini guys mudah saja. Rutenya bisa kamu dapat dengan panduan Google Maps. Ratenggaro sendiri berada di kabupaten Sumba Barat Daya dan kamu bisa landing dengan pesawat guys, di sana ada bandar udara Tambolaka. Serunya lagi, pemadangan pertama yang kamu dapat saat turun dari pesawat yaitu arsitektur bandara yang khas Sumba banget.

Ada tiga penginapan yang recomended banget buat kamu guys di kota ini, pertama Rumah Budaya, kedua Villa Redementoris yang meyuguhkan pemadangan pantai yang adem, ketiga hotel Sinar Tambolaka yang tempatnya berada di dalam kota Waitabula.

Nahh balik ke rute Ratenggaro, perjalanan ke tempat ini mudah dari kota Waitabula kita menuju ke barat, dan guys jalannya lurus aja terus tidak ada belok-beloknya, kita akan masuk kecamatan Kodi. Setelah Kodi Mangganipi akan ada penunjuk jalan yang mengarahkan kita ke kampung Ratenggaro, kampung di tepi pantai dengan rumah adat Sumba yang khas dan merupakan rumah adat Sumba yang atapnya menyerupai menara dan paling tinggi di pulau Sumba dari semua rumah adat Sumba.

Di sebelah kampungnya ada pantai Ratenggaro. Kesan pertama saat kamu masuk ke sini kamu akan takjub dengan kubur-kubur batu Megalithikum yang berumur puluhan tahun berdiri megah di tepi pantai.

Karena ini merupakan tempat yang unik, tidak heran di pantai ini selalu ramai dikujungi baik saat liburan sekolah maupun akhir pekan. Kondisi pantainya bersih dan masih asli menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Nggak percaya? Ayo ke Sumba dan kunjungi pantai Ratenggaro :-)

Dipost Oleh Rooslinda Rambu Lodji

Traveler, penulis dan penggiat pertanian :-)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar